Kamis, 11 Juli 2013

Kajian Ramadhan

CATATAN KAJIAN: RAMADHAN Narasumber: Achmad Chodjim (pengajian 27 September 2009), Agus Mustofa (Buku UntukApa Berpuasa) dan sedikit dari Panduan Berpuasa bersama Quraish Shihab.
 
Dasar pelaksanaan puasa selama bulan Ramadhan termaktub dalam:QS Al Baqarah (2):183-184
  • Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamuberpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamubertakwa,(yaitu) dalam beberapa hari yang tertentu. Maka barang siapa di antara kamu ada yangsakit atau dalam perjalanan, maka (wajiblah baginya berpuasa) sebanyak hariyangditinggalkan itu pada hari-hari yang lain. Dan wajib bagi orang-orang yang berat menjalankannya membayar fidyah: memberi makan seorang miskin. Barang siapa yangdengan kerelaan hati mengerjakan kebajikan, maka itulah yang lebih baik baginya. Danberpuasa lebih baik bagimu jika kamu mengetahui.

Pertama-tama, mari kita lihat Manfaat puasa terhadap jasmani dan ruhani kita
.Puasa kerap dianggap sebagai beban. Saking terbiasanya kita dengan kondisi tidak berpuasa(dalam arti makan minum), maka kondisi yang kita anggap normal, cocok dan bermanfaat untukkehidupan sehari-hari adalah kondisi tak berpuasa. Sementara itu, berpuasa dianggap sebagaikondisi di luar kebiasaan yang bersifat tambahan.Padahal, seperti halnya ibadah lain, justru seyogyanya puasa itu dijadikan sebagai kegiatan rutindan berkala, serta sebagai bagian tak terpisahkan dari sistem kehidupan beragama kita.

Puasa berfungsi menyeimbangkan
aktivitas kurang baik dalam keseharian yang tidak kita sadari.Pada saat tubuh mengalami stres yang berkepanjangan, maka daya tahan tubuh pun menurun.Salah satu yang membuat tubuh merasa stres adalah pola makan orang modern (kitamaksudnya). Tubuh memiliki tiga tahapan dalam memroses makanan yang masuk: mencernapada siang hari, menyerap dan metabolisme pada malam hari, dan membuang sampah hasilmetabolisme pada pagi hari.Namun tentunya kita tidak mengikuti ini. Kita makan banyak pada malam hari sehingga tubuhtidak berkesempatan melakukan penyerapan dan metabolisme secara mencukupi. Kita punmakan berat pada pagi hari, sehingga tubuh tidak bisa fokus kepada proses pembuangansampah hasil metabolisme. Tubuh menerima tekanan berlebih dan terjadi penumpukan zatberacun.
QS Al Baqarah (2):168
– Hai sekalian manusia, makanlah yang halal lagi baik dari apayang terdapat di bumi, dan janganlah kamu mengikuti langkah-langkah syaitan; karenasesungguhnya syaitan itu adalah musuh yang nyata bagimu.
QS Thahaa (20):81
  • Makanlah di antara rezeki yang baik yang telah kami berikankepadamu, dan janganlah melampaui batas padanya, yang menyebabkan kemurkaan-Ku menimpamu. Dan barang siapa ditimpa kemurkaan-Ku, maka sesungguhnya binasalah ia.



Sumber artikel :scribddotcom/doc/100282571/Catatan-Kajian-Ramadhan-2009
Pesan moral artikel :


Kontributor Artikel & lamp; Foto : Herman Hidayat Profile Facebook Herman Hidayat klik di sini. Herman adalah Pemilik MestiMoco.com.

click for tour in Malang Regency

Check

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Share on Facebook

Labels

Agama (31) Alamat (3) Arema (4) Artikel (209) Artis (15) Bencana (17) Berita (239) Bisnis (30) Budaya (49) Budha (3) Cerita Motivasi (20) Desa (6) E-Taiment (5) Ekonomi (9) Elektronik (7) English (2) Foto (15) Gaya Hidup (6) Hari Besar (12) Hindu (3) Hobi (2) Hukum (19) Humor (21) Ilmu (13) Info (249) Infotaimen (21) Internasional (38) Internet (31) Islam (13) Jatim (25) Kab. Malang (61) Karikatur (2) Kata Bijak (5) Kec. Kepanjen (23) Kecantikan (3) Kejawen (1) Kepanjen (10) Kesehatan (50) komentar (2) Komputer (6) Kristen (2) Kuliner (7) Lain-lain (143) Luar Negeri (42) Malang Raya (38) Masakan (6) Music (5) Nasional (225) Olah Raga (69) Opini (2) Otomotiv (16) PDI Perjuangan (10) Pemerintahan (1) Pemilu (7) Penting (3) Permainan (6) Peta (4) Pilbup (7) pnpm (3) Polisi (1) Politik (36) Profil (1) Sejarah (2) sepak bola (3) ser (1) Serba 7 (52) Team (1) Tekno Tepat Guna (20) Teknologi (38) Tips (14) TNI (1) Tokoh (16) Tradisional (4) Trasnsportasi (17) Video (5) Wanita (2) Wisata (22)

geovisite