Becak (dari bahasa Hokkien: be chia “kereta kuda“) adalah suatu alat transportasi beroda tiga yang umum ditemukan di wilayah Indonesia dan juga di sebagian Asia.
Di Indonesia ada dua jenis becak yang biasa ditemui:
- Becak dengan pengemudi di belakang. Jenis ini biasanya ada di Jawa.
- Becak dengan pengemudi di samping. Jenis ini biasanya ditemukan di Sumatra. Untuk becak jenis ini dapat dibagi lagi ke dalam dua sub-jenis, yaitu:
- Becak kayuh – Becak yang menggunakan tenaga pengemudi.
- Becak bermotor/Becak mesin – Becak yang menggunakan motor sebagai penggerak
Becak merupakan alat angkutan yang ramah lingkungan karena tidak menyebabkan polusi udara (kecuali becak bermotor tentunya). Selain itu, becak tidak menyebabkan bising dan juga dijadikan sebagai obyek wisata bagi turis-turis mancanegara.
Di perkotaan dianggap mengganggu lalu lintas karena kecepatannya yang lamban dan kadang kala pengemudinya banyak melakukan pelanggaran misal melawan arus lalu-lintas, sembrono dan sebagainya.
Satu-satunya kota di Indonesia yang secara resmi melarang keberadaan becak adalah Jakarta. Becak dilarang di Jakarta sekitar akhir dasawarsa 1980-an. yang dijadikan alasan resmisaat itu adalah bahwa becak adalah “eksploitasi manusia atas manusia”. Penggantinya adalah, ojek, bajaj dan Kancil.
Selain di Indonesia, becak dapat ditemui di negara lainnya seperti Malaysia, Singapura, Vietnam dan Kuba. Di Singapura, becak kini hanyalah sebuah alat transportasi wisata saja.
Desain becak cukup unik. berikut adalah beberapa desain becak yang ada di kota-kota di Indonesia :
Becak di Surabaya
Desain nya lebih ramping dengan becak yang ada di kota lain
Becak Di Solo dan Jogjakarta – Jawa Tengah
Kedua kota ini memiliki desain becak yang sama. Rata desainnya agak gemuk. Dua roda depan tertutup. Sebenarnya ini membuat becak di dua kota ini terlihat “gendut”
Hal yang unik adalah, jika penumpang hendak naik maka pengemudi becak harus sedikit menjungkirikan becaknya agar penmpang bisa naik, ini dikarenakan desainnya yang membutuhkan langkah kaki yang tinggi untuk menaikinya.
Becak dari kota Medan – Sumatra utara
Becak dari kota medan adalah becak yang paling mewah desain nya dibandingkan dengan becak becak lain yang ada di Indonesia. Setiap tukang becak di Kota Medan mempunyai rancangan becak sendiri, baik di sisi driver atau di sisi penumpang.
Kota Medan Becak berbeda dari relatif dari Pulau Jawa. Sementara di pulau Jawa, sebagian besar desain becak di Pulau Jawa sisi pengemudi selalu di belakang sisi penumpang (Lihat Becak dari Surabaya City, Kota Solo dan Kota Yogyakarta di atas), becak di kota Medan menempatkan pengemudi sisi dan sisi sisi penumpang-by-side.
Tidak ada perbedaan di beban penumpang maksimum antara dua daerah, hal ini masih dapat dimuat dengan penumpang sampai dengan tiga.
Tidak ada perbedaan di beban penumpang maksimum antara dua daerah, hal ini masih dapat dimuat dengan penumpang sampai dengan tiga.
Perbedaan lain yang berbeda Becak Kota Medan dari Jawa sepupunya adalah sumber tenaganya. Kota Medan becak sumber daya dapat berasal dari tenaga manusia atau kekuatan mesin. Bila Anda menempel sepeda untuk becak Anda kemudian sumber daya manusia diperlukan. Bila Anda terpasang sepeda motor untuk becak Anda maka diperlukan bahan bakar.
Keunikan Becak Kota Medan masih terus berlanjut, Beberapa Kota Medan Becak yang menggunakan sepeda motor tua, beberapa diantaranya perang warisan sepeda motor, misalnya: merek BSA. Sayang sekali bahwa jenis-tua becak-motor akan telah punah, yang baru menggantikan ini terus-motor tua-becak.
Tapi sudah banyak becak yang mengganti motor lawas tersebut seperti di kota Deli Sedang dan Berastagi banyak yang memakai motor Honda Megapro dan Suzuki Thunder.
Sumber artikel :
Pesan moral artikel :
Kontributor Artikel & lamp; Foto : Herman Hidayat Profile Facebook Herman Hidayat klik di sini. Herman adalah Pemilik MestiMoco.com.
www.MestiMoco.com
Check
Tidak ada komentar:
Posting Komentar